Tips Menjalani Diet Saat Puasa yang Aman Untuk Anda

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di hampir seluruh dunia. Pada bulan ini orang-orang mulai memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah. Meskipun aktivitas tetap berjalan seperti biasa, namun rasanya akan berbeda dari sebelumnya. Salah satu aktivitas atau kegiatan yang masih bisa dilakukan adalah mengikuti program diet. Beberapa orang beranggapan ketika puasa, tubuh justru tidak mengecil tapi melebar. Hal ini karena ketika berbuka, banyak orang yang langsung melahap makanan berat sekaligus. Sehingga banyak yang memilih diet saat puasa daripada berat badan naik. 
Tips Menjalani Diet Saat Puasa yang Aman Untuk Anda
Tips Menjalani Diet Saat Puasa yang Aman Untuk Anda 
Diet saat puasa tentu berbeda ketika diet pada hari biasanya. Anda yang tidak menerima asupan makanan selama 12 jam tidak bisa sembarangan memilih program diet. Salah-salah puasa Anda tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Agar diet dan puasa dapat berjalan beriringan, berikut ini beberapa tipsnya 

1. Menyiapkan menu sahur sehat 
Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu sahur sehat dan seimbang. Seringnya karena terlambat bangun, orang di rumah menyiapkan mie instan dan nasi putih. meskipun keduanya mengandung karbohidrat, namun kombinasi keduanya jelas tidak menyehatkan tubuh karena terlalu banyak mengandung gula. Lengkapi makan sahur Anda dengan nasi secukupnya, lauk pauk, air putih atau jus serta multivitamin jika diperlukan. 

2. Menghindari tidur setelah santap sahur 
Tidak bisa dipungkiri bulan puasa berpengaruh terhadap jadwal tidur Anda. Biasanya Anda bangun pukul enam, ketika puasa Anda harus bangun pukul 2 atau 3 dini hari. Setelah makan pun Anda ingin segera kembali ke tempat tidur. Sah-sah saja  memang tapi tidak sampai berlebihan. Tetaplah bangun pagi dan lakukan kegiatan ringan seperti berjalan kaki. Berjalan kaki pagi hari ampuh membuat Anda lebih sehat. 

3. Lakukan kegiatan olahraga yang menyehatkan
Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki. Selain berjalan kaki, Anda bisa melakukan yoga, meditasi hingga catur. Ketiga jenis olahraga ini tidak mengharuskan Anda mengeluarkan keringat berlebih, jadi cukup aman dilakukan saat puasa. 

4. Mengatur pola diet dengan baik 
Diet bukan berarti Anda menghindari buka puasa atau cara ekstrim lainnya. Tentu di luar puasa, pola diet tersebut tidak dianjurkan. Diet yang baik tetap berprinsip pada pola makan sehat dengan porsi yang lebih sedikit namun sering. Jadi hindari diet yang salah dan tidak sesuai kondisi tubuh Anda. 

5. Mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak
Anda akan mudah menemukan makanan manis sampai gorengan yang menggoyang lidah. Namun, tidak semua makanan tersebut dapat memenuhi kecukupan gizi yang baik terlebih Anda sedang menjalani diet. Perbanyaklah buah dan sayur sebagai sumber pangan yang paling baik. 

Itulah beberapa tips menjalani diet saat puasa untuk Anda yang tidak ingin melar saat ramadhan. Terapkan pola hidup sehat yang baik dan teratur. Istirahat dengan cukup dan perbanyak kegiatan positif.
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

IBX58B482E23DF6C