Ini 5 Alasan AC Anda Cepat Rusak

Tinggal di kota-kota besar dengan kondisi udara yang semakin lama semakin memburuk tentu membuat kita jadi mengandalkan salah satu perangkat elektronik, yaitu AC. Dengan adanya alat ini, udara di dalam rumah bisa jadi lebih sejuk dan suhunya bisa jadi lebih dingin. Tentunya dengan kondisi seperti itu, keadaan di dalam rumah bisa jadi jauh lebih nyaman karena tidak perlu kepanasan karena kondisi cuaca di luar rumah. Namun, terkadang sebagai pengguna masih banyak melakukan beberapa kesalahan yang malah membuat AC jadi cepat rusak. Baik disadari atau tidak, ternyata hal-hal tersebut secara perlahan membuat AC jadi rusak. Anda perlu mengetahui beberapa hal tersebut untuk menghindarinya. Namun, jika sudah rusak, Anda bisa menggunakan jasa dari Service AC Bekasi agar AC Anda bisa berfungsi dengan normal kembali. 

1. Pengaturan suhu
Keadaan di luar rumah yang sangat panas, tentu membuat kita ingin menyalakan AC dengan suhu yang paling rendah. Tak hanya itu, kecepatan kipas juga dibuat maksimum agar udara lebih cepat dingin. Namun, suhu yang kita setel itu sesungguhnya tidak bisa tercapai dan hanya malah membuat AC bekerja dengan keras terus menerus agar bisa mencapai suhu tersebut. Semakin keras kerja AC, maka mesin akan semakin panas dan komponen mesin AC akan dengan mudah rusak dengan kondisi udara yang panas itu. Karenanya, idealnya gunakanlah suhu sekitar 22-23 derajat saja. Selain itu, gunakan juga siasat untuk menyalakan AC beberapa menit sebelum ruangan tersebut dimasuki oleh Anda.

2. Salah Mode
Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa mode yang bisa ditentukan dengan menggunakan remote Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang cenderung dingin, gunakanlah mode heat agar AC mengeluarkan udara panas dan ruangan menjadi hangat. Sebaliknya, jika Anda tinggal di daerah yang cukup panas, gunakan mode cool agar ruangan menjadi sejuk. Selain itu, ada juga mode yang bisa mengurangi kelembapan udara di ruangan Anda, yaitu mode dry atau kering. Kadang, banyak orang yang mengeluhkan kalau AC di rumahnya tidak berfungsi dengan baik, padahal mereka tidak memperhatikan hal-hal seperti ini. Dikira rusak, padahal hanya salah menggunakan mode yang bisa disetel menggunakan remote.

3. Lupa Dimatikan
Biasanya, penggunaan AC yang ideal adalah hanya sekitar tujuh sampai delapan jam saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari komponen atau mesin-mesin AC jadi cepat rusak karena beroperasi secara terus-menerus. Untuk Anda yang sering menyalakan AC saat hendak tidur, lebih baik menggunakan mode timer yang membuat AC akan berhenti beroperasi setelah beberapa jam sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tak hanya komponen AC yang jadi lebih cepat rusak, tapi tagihan listrik Anda juga bisa membengkak karena penggunaan daya listrik yang sangat tinggi.

4. Jarang Dibersihkan
Segala sesuatu yang jarang dibersihkan tentunya penuh dengan sarang penyakit karena ada banyak virus dan bakteri berkumpul di sana. Sistem kerja AC yang menyirkulasi udara di dalam ruangan, apalagi ruangan yang tertutup juga membuat persebaran virus atau bakteri penyebab penyakit jadi lebih mudah. Tak hanya virus dan bakteri, udara yang disaring juga akan meninggalkan debu pada komponen mesinnya. Akibatnya, filter dan kipas AC perlu bekerja lebih ekstra untuk bisa membuat suhu udara di ruangan Anda jadi lebih sejuk. Jika dibiarkan terus menerus, maka AC akan jadi lebih mudah rusak.

Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

IBX58B482E23DF6C